7 Tips Agar Anak Gemar dan Mampu Meningkatkan Kemampuan Membacanya

Nah, acara liburan sekolah telah berakhir, sekarang waktunya masuk sekolah adalah waktunya anak-anak untuk kembali belajar. Anak-anak yang baru masuk sekolah biasanya belum begitu lancar membaca. Karena itu tak ada salahnya untuk melatih keterampilan ini sejak anak belum masuk sekolah dasar.

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh anak, untuk mengasah kemampuannya dibutuhkan latihan. Karena itu ketahui trik-trik apa saja yang harus dilakukan orangtua untuk meningkatkan kemampuan membaca anak?

Seperti yang dikutip dari Livestrong, Senin (12/7/2010) ada beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan sebagai orangtua untuk meningkatkan keterampilan membaca anak anda, yaitu:

1. Menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak.
Jika banyak barang yang menunjang akan membuat anak terdorong untuk membaca. Salah satu pilihannya adalah buku-buku yang menarik untuk anak-anak, seperti buku bergambar atau dengan warna-warna yang menarik perhatian anak.

Mengajak anak ke perpustakaan, merupakan suatu hal yang dapat mendorong anak agar dapat membaca lebih lancar. Karena, ditempat ini anak-anak akan memiliki pilihan buku yang lebih banyak, sehingga lebih memotivasi dirinya untuk membaca. Selain itu di suasana di perpustakaan juga turut mendorong anak untuk ikut serta membaca.

2. Membacakan buku untuk anak.
Membacakan buku untuk anak dengan suara keras setiap hari bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca si kecil. Hal ini juga memungkinkan untuk anak mencoba membaca sendiri, karena baginya hal ini cukup menyenangkan.

3. Menjadikan suatu permainan.
Menjadikan cara belajar membaca menjadi sebuah permainan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik bagi anak. Cobalah untuk mengajak anak mencocokkan antara awal suku kata dengan akhirannya, sehingga anak bisa belajar membaca sambil bermain.

4. Menyanyikan lagu-lagu.
Dengan menyanyikan sajak-sajak lagu, maka anak akan belajar untuk menghubungkan antara huruf dan suara yang dibuatnya. Bernyanyi sambil bertepuk tangan mengikuti irama lagu juga dapat mendorong pemahanam kata-kata tersebut.

5. Menyediakan tempat khusus untuk membaca.
Menyediakan tempat khusus bagi anak untuk membaca akan memotivasi anak untuk belajar. Orangtua juga bisa turut terlibat untuk menggunakan tempat tersebut, sehingga kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan bagi si kecil.

6. Biarkan anak mencoba untuk menulis.
Menulis juga bisa meningkatkan kemampuan anak membaca, karena anak sambil belajar untuk menggabungkan antara huruf untuk membentuk suatu kata atau kalimat. Kegiatan ini juga membantu keterampilan menulis anak.

7. Mengajak anak untuk membaca bersama.
Cobalah untuk mengajak anak anda membaca bersama. Menghabiskan waktu untuk membaca bersama bisa memberikan pesan yang menyenangkan bagi anak. Biarkan anak memilih bukunya sendiri, lalu ajaklah membaca bersama-sama. Kondisi ini akan semakin memotivasi anak untuk belajar membaca.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anak anda lebih termotivasi untuk belajar membaca.

(sumber : ads by google )

Pos ini dipublikasikan di Tips-Tips Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s