80% Konsumen Gas 3 Kg Kembali ke Minyak

Survei: 80% Konsumen Gas 3 Kg Kembali ke Minyak
Kategori: Berita Daerah(107 view)

Sebagian besar pengguna tabung gas elpiji 3 kilogram tersebut adalah keluarga miskin penerima program konversi minyak tanah ke tabung gas. Dimana tabung gas yang diterima di jual dan beralih kembali ke kompor minyak tanah atau menggunakan kayu bakar.

Ketua Yayasan lembaga Perlindungan konsumen Indonesia Wilayah Bali Putu Armaya menyampaikan sebagian besar pengguna tabung gas berhenti menggunakan 3 kilogram dengan alasan trauma dengan banyaknya kasus ledakan gas. Selain itu masyarakat mengakui tidak tahu perbedaan antara tabung gas palsu dan asli.

Putu Armaya berharap Pertamina harus melakukan penarikan terhadap tabung gas 3 kilogram dan melakukan pergantian secara bertahap sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat. “Menurut saya ini harus dievaluasi dan ditarik ulang. Ini pemerintah harus berterus terang,” tegas Putu Armaya.

Ia mengungkapkan, kondisi yang lebih memprihatinkan adalah temuan lapangan, di mana masyarakat menjual tabung gas dan kompor yang diterima. Jika pertamina tidak melakukan pergantian tabung gas maka masyarakat yang menjadi korban ledakan tabung gas dapat mengajukan gugatan hukum berupa class action, karena pertamina telah melanggar Undang-Undang perlindungan konsumen. mut/inilah.com/Agus Priatna

Pos ini dipublikasikan di Berita Tentang Konsumen. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s