Tips Bijak Untuk Konsumen KPR

Wise man says.. only fool rush in.. Syair  dendang lawasnya Elvis Presley yang melegenda dan jadi nasehat abadi. Walaupun jadul bin bahlul, tetep berlaku sampe sekarang. “Orang bodoh (fool)” dalam konteks ini, bukan bodoh dalam arti idiot atau tidak berpendidikan. Tapi lebih memakai emosi dalam mengambil keputusan dan tidak memiliki info yang cukup. Malu sih mengakuinya, tapi aku termasuk “orang bodoh” itu.. hehehe..

Karena merasa bodoh (dan dibodohi) dalam hal financial, aku bertekad untuk jadi orang yang melek financial. Cari ilmu lewat bukunya Robert Kiyosaki (Increase Your Financial IQ & Retire Young Retire Rich), Safir Senduk (Karyawan  Juga Bisa Kaya & Jadi Pengusaha Kok Nggak Kaya-kaya) dan ikut ke seminarnya Tung Desem Waringin. Dari situ, aku juga bertekad untuk praktek: terjun langsung ke dunia financial.

Tips Bijak #1

Untuk urusan KPR, kita dituntut bukan saja teliti sebelum membeli, tapi selidiki sebelum membeli. Sebagai konsumen kita sering laper mata, apalagi kalau lihat tag line hadiah langsung atau bunga rendah. Yang wajib diteliti adalah bunga rendah yang dimaksud (bunga promosi) berlaku fix berapa tahun. Biasanya sih 1 tahun.  Dan bunga setelah tahun pertama, biasanya disebut bunga floating.

Nah, bunga floating ini yang perlu diselidiki. Apalagi yang ngambil kredit nya 10 – 20 tahun, pasti kerasa banget kalo bunga floating nya tinggi. Yang perlu diselidiki adalah, bank mana yang bunga floatingnya lebih rendah dari bank lain.

Konsumen dituntut untuk lebih bijak. Dari pada bunga rendah di tahun pertama, lebih baik bunga rendah di tahun-tahun selanjutnya.

Untuk tips bijak selanjutnya, ada request?

(sumber :Kelolauang.com)

Pos ini dipublikasikan di Tips Konsumen. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s