Tips dasar bagi pemilik toko online untuk meningkatkan kunjungan konsumen

Terdapat kemungkinan yang nyata untuk menjual berbagai layanan atau produk di internet tanpat ada batasan jumlah. Namun dalam hal layanan atau produk, sebuah toko online seharusnya dapat memberikan layanan dasae secara konstan kepada pelanggannya agar dapat melakukan proses berbelanja dengan lancara agar mereka dapat kembali lagi dan lagi.

Tetapi seringkali kasus dalam sebuah toko online adalah hal-hal yang tidak berjalan dengan lancar. Jadi berapa banyak anda kehilangan konsumen dalam sehari, seminggu, atau setahun – konsumen berarti pemasukan. Berikut beberapa tips dasar bagi toko online agar konsumen mudah dalam menggunakannya

Tuntun konsumen untuk menemukan apa yang benar-benar mereka inginkan

Secara normal tidak ada seorangpun yang ingin pergi ke sebuah toko dimana produk disusun secara acak tanpa ada arah dan petunjuk. Meskipun demikian, cukup banyak toko online yang membuat konsumen pusing dalam mencari apa yang mereka butuhkan.

Sebelum merilis toko anda, sebaiknya anda merancang dengan hati-hati bagaimana mengelompokkan produk dan mengaturnya serta menyediakan beberapa alternatif / metode bagi konsumen untuk dapat menemukan produk yang mereka cari. Sebagai contoh, anda dapat memberikan link di masing-masing kategori produk anda, dan sebuah fitur pencarian dimana konsumen dapat menuliskan produk yang mereka cari, atau sebuah ‘breadcrumb’ agar konsumen tidak kesulitan kembali ke halaman awal.

Aturan yang umum juga diberikan seperti penanganan pengembalian, penukaran, kontak form, biaya pengiriman produk dan informasi lainnya yang konsumen ingin tahu sebelum mereka menyelesaikan pembelian.

Jangan buat konsumen menunggu

Saat konsumen menekan tombol ‘BELI’. mereka tidak mengharapkan menggunakan bermenit-menit untuk menunggu respon atau mungkin bahkan mendapati pesan ‘error’. Dalam faktanya, konsumen mudah sekali menyerah menghadapi beberapa hal yang membingungkan dalam proses pemesanan.

Berikut solusi khas untun mengatasi problem ini. Pastikan server anda dan software yang anda gunakan dapat menangani kemanapun konsumen anda inginkan. Apabila anda menggunakan layanan third-party,  pastikan mereka menggunakan teknologi yang bagus. Apabila anda membangun website anda dari awal, pastikan anda menggunakan software dan hardware yang terbaik.

Atur proses pembayaran semudah mungkin bagi konsumen

Toko online dapat menerima berbagai jenis pembayaran seperti tunai, kredit card, purchase order, atau check. Berbagai jenis tipe bisnis membutuhkan jenis pembayaran yang berbeda-beda. Pastikan provider bagi sistem pembayaran online anda dapat mengatasi konsumen anda. Untuk pembayaran dengan sistem offline seperti uang tunai atau kartu kredit melalui nomor fax, anda dapat mempublikasikan dengan jelas alamat anda, nomor telepon dan fax di tempat yang jelas.

Sistem pembayaran juga memberikan satu tantangan tersendiri yaitu sistem keamanan. Meskipun prosedur pengiriman nomor kartu kredit melalaui internet sangat aman, banyak konsumen yang masih kuatir mengenai hal ini. Sebagian besar sistem pembayaran online menggunakan transmit nomor kartu kredit dan data informasi pribadi yang melewati koneksi yang terenkripsi (SSL / Secure Socket Layer). Apabila toko online anda menggunakan sistem ini, pastikan konsumen anda mengetahui bahwa data yang mereka berikan sangatlah aman karena menggunakan sistem enkripsi data.

Yang terakhir, perlu diingat bahwa anda memerlukan sebuah akun merchant untuk dapat menerima transaksi melalui kartu kredit. Apabila anda telah memiliki akun untuk bisnis anda, anda dapat gunakan akun tersebut untuk meneriman sistem pembayaran online dengan kartu kredit. Tetapi apabila anda belum memiliki, anda dapat menggunakan jasa web developer atau web hosting service untuk memasang akun merchant untuk menerima transaksi online.

Pos ini dipublikasikan di Tips-Tips Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s